Tata Bahasa/ Bunkei: Bahkan (mo ~も ) Bahasa Jepang

Pelajaran 4 Tata Bahasa/ Bunkei JLPT N4: Bahkan (mo ~も ) Bahasa Jepang

Selamat malam sobat semua, hari ini di Jepang suhunya masih sangat dingin sekali antara 2 sampai -4 derajad celcius pasti kalau di Indonesia sama halnya kalo lagi berada di dalam kulkas tapi yang bagian freezer kulkas, soalnya kalau ada air menggenang disini udah beku, bisa dibayangin deh… . Tapi kita hari ini tidak membahas tentang pembekuan dalam kulkas, hehe namun kita akan membahas tentang pelajaran ke-4 tentang partikel (mo ~も ) y ang diartikan bahkan, bukan ~も yang diartikan “juga” itu akan kita bahas di kemudian hari.

Baca juga pembahasan ke-3 : Tata Bahasa/ Bunkei: Kata Tanya Partikel ~ga “~が”

Rumus Partikel ~も Berarti “Bahkan” Dalam Bahasa Jepang

Jumlah/ Kata Benda/ Kata Kerja + ~も + Kata Kerja

Contoh Kalimat :

  1. 今日は十キロ走りました。(Kyou wa jyuukiro mo hashirimashita.)
  2. 夕べビールを五本飲みました。(Yuube biiru o gohon mo nomimashita.)
  3. 彼は私のメールを読みしません。(Kare wa watashi no meeru o yomi mo shimasen.)
  4. あの子はこんな難しい漢字読めます。(Ano ko wa konna muzukashii kanji mo yomemasu.)

いみ/ arti :

  1. Hari ini saya sudah lari bahkan sampai 10 km.
  2. Tadi malam saya sudah minum bir bahkan sampai 5 botol.
  3. Dia bahkan baca e-mail sayapun tidak.
  4. Anak itu bahkan kanji sesulit inipun bisa membaca.

Baca juga pembelajaran ke-2 : Tata Bahasa/ Bunkei: “TETAPI” ~wa~ga~wa~ (~は~が~は )

Kosakata dan kanji hari ini :

  • 今日(Kyou) = Hari ini
  • 十 (Jyuu) = Sepuluh
  • 走ります(Hashirimasu) = Lari
  • 夕べ(Yuube)= Tadi malam
  • 五本 (gohon) = Lima botol
  • 彼 (Kare) = Dia
  • 読みます(Yomimasu) = Baca
  • 難しい (Muzukashii) = Sulit
  • 漢字(Kanji) = Huruf Kanji
  • 読めます(Yomemasu) = Membaca

Daftar Kosakata Lengkap Klik disini

Baca juga : Daftar tata bahasa atau grammar JLPT level N4 (Bunkei)

Memang masih belum lengkap pastinya yang bisa saya share hari ini, namun pembahasan tentang Tata Bahasa/ Bunkei: Bahkan (mo ~も ) Bahasa Jepang kali ini semoga bisa membantu sobat semua yang ingin Belajar Bahasa Jepang Level N4. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.