Sejarah Awal Mula Perkembangan Blog

Sedikit info tentang Awal mula sejarah perkembangan blog,  mungkin belum banyak orang yang tahu awal mulanya perkembangan blog. Blog atau yang sering orang bilang ‘weblog’  istilah ini pertama kali ditemukan oleh John Barger pada bulah Desember 1997. Ia menggunakan nama Weblog yang di ambil dari kata  “Web + Blog untuk menyebut website-website yang berupa catatan harian seseorang websurfer serupa dengan Captain’s Log dalam sebuah pelayaran. Setiap hari websurfe tersubut menulis catatannya di dalam link ke website yang ia temukan dan kunjung disertai dengan komentar dan opini tentang website lain tersebut.
Seorang pemilik blog, atau yang sering disebut dengan blogger  memiliki peranan yang penting sebagai pemandu di internet. Mengikuti perkembangan berita atau informasi yang sedang hot di internet. Dari sekedar daftar ink, blog berkembang sebagai catatan dan opini yang di tullis oleh para blogger, dari siinilah yang menjadi keutamaan blog.
Bagian blog yang sudah mengandung catatan dan opini yang kemudian menjadi karasteristik utama blog yang kemudian lebih dikenal dunia luas. Beberapa orang mengenal blog dengan sebutan catatan harian “diary” , catatan yang disimpan di internet dan dapat dibaca oleh banyak orang. Pada mulanya catatan harian tersebut hanyah sebagian dan bukan bagian utama dari blog.
Blog Pertama
Kemungkinan besar blog pertama adalah halaman “What’s New” pada Broser Mosaic yang dibuat oleh Mar Andersen sekitar tahun 1993. Mosaic merupakan broser pertama sebelun kehadilah Internet Explorer, bahakan sebelum muncul Nescape. Kemudian pada bulan Januari 1994, Justin Hall memulai website pribadinya yang bernama Justin’s Home Page. Tidak lama kemudian website tersebut berubah menjadi “Links From the Undergroun” yang mungkin sering disebut sebagai blog pertama seperti yang sering di kenal saat ini.
blog pertama di dunia
Blog Pertama : “What New” Netscaape 1993, bias dikatakan sebagai blog pertama
Hingga tahun 1998 jumlah blog yang sudah bermunculan belum seberapa banyak, hal ini disebabkan saat itu belum banyak orang yang menguasai bahasa pemograman dalam pembuatan website, HTML dan webhosting untuk membuat sebuah blog.
Oleh karena ituu yang membuata blog hanya mereka saja yang bisa menguasai atau mereka yang berkecimpung di dalam bidang IT, system administrator atau web design saja yang memiliki blog mereka sendiri.
Pada bulan Agustus 1999, sebuah blog perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang kemungkinan siapa saja menciptakan blog-nya sendiri secara gratis tentunya. Alhasih seketika itu juga sangat menambah blogger hingga berjumlah 100.000-an.
Pertumbuhan Blog
 
Karena kemmudahannya itulah dan sangat didukung layanan secara gratis bermunculan untuk membuat blog, jumlah blog dan blogger mulai betambah banyak. Blogger.com yang kemudian di beli oleh Google Multiply, WordPress.com dan banyak lagi. Pada tahun 2004, kamus Mirriam-webster Amerika memasukkan blog di dalam salah satu kata baru dan memilih “blog” sebagai Word of the year.
Menurut Dave Sifry, saat ini pemilik mesin pencari Technorati telah memiliki lebih dari 57 juta blog (2006) yang tersebar di seluruh dunia, dan bertambah dua kali lipat dalam kurun waktu 7,6 bulan.