Proses dan Administrasi Pengolahan Latex (Karet)

1. Pengolahan Latex
 
Proses pengolahan latex dimulai dengan absensi (roll) yang bertujuan untuk menghitung jumlah karyawan yang masuk atau bekerja. Absensi juga berguna sebagai control pemakaian OHK, evaluasi kinerja, dan juga sebagai pengendalian pemakaian modal kerja. Absensi ini dilaksanakan atau mulai dilakukan setiap pagi sebelum jam kerja pukul 06.30 WIB. Jumlah prestasi yang diperoleh masing-masing pekerja juga akan dicatat di dalam absensi.
Bentuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan tiap bulannya di pabrik mengacu pada rencana kerja yang dibuat dan disetujui oleh Direksi sesuai dengan ketetapan pengajuan bahan dan modal kerja yang dibutuhkan.
2. Administrasi bagian Teknik/Pengolahan
 
Secara garis besar, sistem administrasi yang dilakukan di kantor teknik hampir sama dengan sistem administrasi di afdeling, laporan yang dibuat meliputi:
1. AU 29 A Buku Roll/Mandor
2. AU 29 Buku asisten
3. AU 26 Daftar upah
4. PB. 10 Laporan Harian
AU 29 (Buku Mandor) yang ada di pabrik, pada dasar penggunaannya sama dengan AU 29 yang ada di Afdeling. Adapun cara pelaksanaan absensi di pabrik yaitu:
1. Mandor menyebutkan nama karyawan yang terdaftar dalam buku roll (absensi), kemudian memberi tanda untuk pekerja yang hadir maupun yang tidak hadir dengan simbol-simbol yang sudah ditetapkan.
2. Mandor mencatat berapa banyak jumlah karyawan yang bekerja pada hari itu dan juga jumlah prestasi atau hasil kerjanya.
3. Selesai pengisian absensi, masing-masing mandor menyerahkan buku absensi kepada juru tulis  teknik dan pengolahan untuk ditanda tangani dan data dalam buku mandor dipindahkan ke dalam buku laporan pekerjaan harian PB 10.
AU 29 A merupakan buku rekapan pekerjaan yang ada di buku mandor (AU 29). Buku ini digunakan dengan tujuan menjaga kejelasan data yang ada untuk pembayaran gaji/upah pekerja yang diterima sesuai dengan HKO dan lembur dari masing-masing pekerja.

 

Pengisian PB 10A (Laporan Harian Prestasi Kerja Mandor) dan PB 10 (Laporan Harian) di teknik dan pengolahan sama dengan yang ada di dalam afdeling.

Contoh bagan alur serah terima berita acara tiap proses :
 

var _gaq = _gaq || []; _gaq.push([‘_setAccount’, ‘UA-37344073-1’]); _gaq.push([‘_setDomainName’, ‘thephatar.blogspot.com’]); _gaq.push([‘_trackPageview’]); (function() { var ga = document.createElement(‘script’); ga.type = ‘text/javascript’; ga.async = true; ga.src = (‘https:’ == document.location.protocol ? ‘https://ssl’ : ‘http://www’) + ‘.google-analytics.com/ga.js’; var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0]; s.parentNode.insertBefore(ga, s); })();

Alur serah terima proses latex