Dooble Untuk Inge Lehmann Penemu Bumi

Inge Lehmann Penemu Bumi diperingati Dengan Doodle Baru
Doodle Inge Lehmann

Inge Lehmann Penemu Bumi diperingati Dengan Doodle Baru– Kali ini khusus untuk 13 Mei 2015 Google raksaksa internet dunia kembali menghadirkan sesuatu yang baru pada halaman awal Google yaitu doodle khusus yang ditujukkan untuk memperingati hari kelahiran Inge Lehmann yang merupakan seorang seismologi asal Denmark yang berhasil menemukan inti bumi. Selengkapnya!

Inge Lehmann yang berulang tahun pada hari ini terlahir di Denmark pada tahun 1888 dan meninggal pada tanggal 21 Februari 1993, itu berarti Inge meninggal di usianya yang ke-104 tahun. Inge Lehman merupakan seorang seismologis pertama dan satu-satunya  di Denmark saat itu.

Inge Lehmann Penemu Inti Bumi
Inge Lehmann

Lehmann adalah pelopor di antara perempuan dan ilmuwan. Pendidikan awalnya di sebuah sekolah mendukung kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Sangat kontras dengan pemikiran masyarakat Denmark kala itu.

Ambisinya sempat diprotes oleh keponakannya, Niles Groes, “anda harus ingat tahu berapa banyak orang yang tidak kompeten aku harus bersaing dengan-sia-sia.” Namun begitu, Lehmann tetap bersikeras dengan ambisinya.

Sebagai seorang pemikir kritis dan mandiri, Lehmann kemudian menetapkan dirinya sebagai seismologis pada otoritas struktur mantel atas. Dia melakukan penelitian yang luas di berbagai negara. Manfaat luas dari penelitiannya adalah juga bisa digunakan untuk mendeteksi ledakan nuklir rahasia.

Atas penelitiannya ini, Lehmann menerima medali William Bowie pada tahun 1971, penghargaan tertinggi dari American Geophysical Union. Ia digambarkan sebagai “master seni hitam dimana sejumlah sistem komputerisasi tidak mungkin menggantikannya secara lengkap.”