Budaya Asli Jepang yang Harus Kamu Tahu

Budaya Asli Jepang yang Harus Kamu Tahu – Bukan hal yang baru bahwa sebuah negara memiliki budaya asli dan budaya asing. Artinya, untuk budaya asing merupakan budaya yang mendapat pengaruh dari luar. Sama halnya dengan Indonesia, Jepang juga sedikit banyak mengenal budaya asing. Tetapi tahukah kamu bagaimana budaya asli Jepang ? Untuk mengenal lebih dekat negara yang pernah menjajah Indonesia ini, ikuti ulasan mengenai budaya asli Jepang.

Salah satu yang banyak diketahui oleh masyarakat adalah kebiasaan warga Jepang yang meminum teh hijau sebagai budaya mereka. Tidak heran jika mereka memiliki kesehatan yang prima. Tetapi tidak hanya itu. Budaya asli Jepang masih banyak lagi dan terbilang unik. Apa saja budaya asli Jepang yang harus kamu tahu ?

Budaya Asli Jepang yang Terbilang Unik

  1. Mengangguk atau Menunduk

Budaya asli Jepang yang pertama adalah mengangguk atau menunduk. Hal ini yang mungkin jadi kebiasaan paling populer disana dan kamu tahu. Setiap anggukan warga disana bisa mempunyai arti yang berbeda. Mulai dari sapaan, ucapan selamat tinggal, berterima kasih, bahkan penyesalan. Budaya asli Jepang ini terbilang unik.

Baca Juga : TIPS DAN TRIK APABILA KAMU INGIN TRAVEL KE JEPANG

  1. Melepaskan Alas Kaki

Melepaskan alas kaki ketika memasuki tradisional ryokan (guesthouse), rumah, kuil, dan beberapa sebuah restoran, budaya asli Jepang terlihat dari kebiasaan ini. Mereka juga melakukannya seperti hendak tidur, duduk, dan makan. Selain untuk menjaga kebersihan, melepaskan alas kaki merupakan tanda penghormatan bagi si punya rumah.

  1. Olahraga Tradisional di Jepang

Budaya asli Jepang berikutnya adalah olahraga tradisional yang sudah berumur cukup panjang. Salah satu yang paling terkenal dan mungkin kamu tahu adalah Sumo. Telah ada di Jepang lebih dari 1500 tahun lamanya dan merupakan budaya asli Jepang. Tidak hanya Sumo, ada budaya asli Jepang Kendo yang merupakan tertua di Jepang.

  1. Geisha

Berikutnya, geisha adalah budaya asli Jepang yang harus kamu. Artis atau entertrainer tradisional Jepang. Ada di Jepang sejak abad ke-18 dengan ciri khasnya yang berwajah putih, bibir merah, dan penataan rambut yang khas. Memang dulu geisha dikonotasikan merupakan pelacur, tetapi seiring perubahan zaman budaya asli Jepang ini tidak lagi menyandang status negatif. Kamu bisa bertemu Geisha di rumah teh tradisional Jepang.

Baca ini yuk ” Pengen ke Jepang ? Ini Tempat yang Harus Kamu Kunjungi

  1. Samurai

Budaya asli Jepang berikutnya adalah samurai. Ini istilah umum untuk penyebutan prajurit yang ada pada masa pra-industri Jepang. Awalnya budaya asli Jepang ini dipekerjakan untuk menjaga lahan, “backing” kekuatan politik dan lain sebagainya. Tetapi mulai abad ke-19 peran samurai dihapuskan seiring dengan adanya kerja sama yang dilakukan Jepang dan Amerika Serikat. Hal ini pernah tergambar di sebuah film berjudul the last samurai yang diperankan oleh Tom Cruise.

Banyak budaya asli Jepang yang unik dan harus kamu tahu. Budaya ini merupakan kekayaan turun-temurun yang terus dijaga. Meskipun ada beberapa yang pudar. Tetapi budaya asli Jepang menunjukkan identitasnya sebagai negeri sakura.