Bahaya Yang Disebabkan Sembarangan Memakai Tetes Mata

bahaya-yang-disebabkan-sembarangan-memakai-tetes-mata
Sembarangan Memakai Tetes Mata Barbahaya ??? – Mata yang teriritasi karena terkena polutan, seperti kemerahan dan gatal, tak sedikit orang yang bergegas untuk segera mengobatinya. Upaya yang sering dilakukan kebanyakan orang untuk mengobatinya, adalah dengan menggunakan obat-obatan tetes mata yang banyak terjual bebas di luar sana. Namun, menurut para pakar kesehatan mata dari Jakarta Eye Center dr Johan A Hatauruk, SpM upaya pengobatan sendiri memiliki permasalahan mata akan memiliki resiko yang tidak kecil, terlebih lagi apabila obat mata tersebut mengandung sterol.
Menurut pendapat dalam sebuah seminar media SOHO #BetterU yang bertajuk “Hari Penglihatan Sedunia“, Rabu 9 Oktober 2013 mengatakan bahwa “Saat terkena polutan, tubuh sebenarnya memiliki mekanisme sendiri untuk melawan infeksi sehingga mengurangi iritasi yang terjadi, sehingga tidak perlu menggunakan tetes mata sterol, tetes mata air buatan saja sudah cukup.”
Tetes mata yang mengandung sterol, kata Johan, perlu melalui resep dokter, meskipun ada pula yang masih terjual bebas diluar sana.
Dalam pengertiannya Sterol merupakan senyawa mengandung antibiotik dan steriid. Antibiotikdalam sterol berfungsi untuk melawan infeksi bakteri, semetara steroit berfungsi sebagai mengurangi gejala iritasi seperti mata merah.
Meskipun demikian, menurut apa yang diungkapkan oleh Johan, tidak semua iritasu mata cocok dengan menggunakan tetes mata sterol, “Ya kalau iritasinya karena bakeri, cocok diberi antibiotik bisa jadi makanannya” ungkapnya.
Steroit yang terkandung dalam obat tetes mata tersebut juga memperbesar resiko meningkatnya tekanan pada mata. Dan Johan mengatakan, bahwa steroid memang dapat menekan peradangan, namun juga dapat meningkatkan tekanan yang dalam artinya memicu penyakit mata yang lain seperti glaukoma. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus akan  berakibat kebutaan.
Maka dari itu, Johan menghimbau agar penderita perlu mengidentifikasi penyebab iritasi mata. Biasanya, jika mata merah disertai dengan penglihatan yang memburam, iritasi disebabkan oleh infeksi jamur. Dan juga agar dapat mengurangi resiko mengobati sendiri untuk iritasi mata, sebaiknya penderita memeriksakan diri ke dokter, ini karena mata merupakan salah satu organ yang terpentig dan ganggguan pengglihatan akan sangat mengurangi kualitas hidup penderitanya.
Demikian beberapa info mengenai Bahaya Yang Disebabkan Sembarangan Memakai Tetes Mata, semoga dapat memberi wawasan untuk semua.
Sumber http://health.kompas.com/read/2013/10/10/0831461/Bahaya.Sembarangan.Pakai.Tetes.Mata